Makassar Dental Journal adalah Publikasi jurnal resmi PDGI Cabang Makassar Makassar Dental Journal (MDJ) menerima artikel berupa hasil penelitian, laporan (perawatan) kasus, dan hasil pemikiran di bidang kedokteran gigi. Artikel hanya ditujukan bagi MDJ dan tidak akan diterbitkan baik sebagian maupun seluruhnya di penerbitan lainnya. Makalah yang pernah dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah harus diberikan catatan kaki yang menyebutkan pertemuan tersebut dan tanggal pelaksanaan. Tiga rangkap cetakan naskah artikel dimasukkan dalam amplop bersama-sama dengan CD yang berisi file naskah, surat yang ditandatangani oleh penulis yang menyatakan bahwa naskah tersebut hanya untuk dimuat MDJ dan tidak akan dimuat, baik sebagian maupun seluruhnya, di penerbitan lain, beserta identitas penulis (nama lengkap dan gelar, institusi dan alamatnya, alamat pos dan email, nomor telepon, HP, dan faks).

Pengiriman naskah dapat diantar langsung, dikirim dengan pos ke SekretariatPersatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Makassar, Ruko Malino A4. Baruga, Antang, Makassar atau berupa file attachment yang dikirim ke Email: pengcab.makassar@pdgi.or.id

Ketentuan umum

  • Makalah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Istilah asing sedapat mungkin diIndonesiakan jika telah ada padanannya. Kata asing harus ditulis dengan huruf miring (italics). Istilah asing non-medis sebaiknya dihindari, kecuali bila sangat diperlukan dan harus disertai dengan terjemahan penjelasannya. Naskah dapat juga dalam bahasa Inggris dengan bahasa akademis.
  • Artikel diketik menggunakan program Microsoft Word, jarak 2 spasi, huruf Times New Roman, font 12 serta batas tepi 3 cm. File dalam compact disc (CD) dikirim beserta cetakannya pada kertas HVS A4 (210 x 297 mm).
  • Penyunting berhak memperbaiki isi dan bahasa naskah tanpa mengubah arti.
  • Isi naskah menjadi tanggung jawab penulis.
  • Sebagai prasyarat bagi pemrosesan artikel, penulis wajib melunasi biaya langganan minimal selama satu tahun, dan membayar kontribusi biaya cetak.

Sistematika penulisan artikel

  1. Sistematika penulisan disesuaikan dengan jenis artikel:
    1. Laporan penelitian: abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, simpulan dan saran, serta daftar pustaka.
    2. Studi kasus: abstrak, pendahuluan, laporan kasus serta foto sebelum dan sesudah, pembahasan, simpulan dan saran, serta daftar pustaka.
    3. Telaah pustaka: abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, pembahasan, simpulan dan saran, atau ringkasan, serta daftar pustaka.
  2. Artikel diawali dengan judul yang dibuat singkat, jelas, informatif, tidak lebih dari 15 kata, diikuti nama penulis tanpa gelar, tempat bekerja, alamat jelas, serta nomor telepon yang mudah dihubungi, dan faksimili serta email.
  3. Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, spasi tunggal, tidak lebih dari 150 kata, dengan susunan terstruktur yang menggambarkan isi naskah secara ringkas dan padat dengan mengemukakan:
    1. Laporan penelitian: masalah dan tujuan penelitian, metode dan hasil penelitian, dan simpulan.
    2. Studi kasus: masalah dan tujuan penulisan, laporan kasus, dan simpulan.
    3. Telaah pustaka: masalah dan tujuan penulisan, dan simpulan atau ringkasan.

Di bawah abstrak, tuliskan 3-5 kata kunci.

  1. Daftar pustaka disusun dalam sistem Vancouver (Uniform requirements for manuscript submitted to biomedical journals). Urutan penunjukan sumber pustaka ditulis menggunakan angka arab berdasarkan urutan pemunculannya. Semua nama penulis dicantumkan, tetapi jika lebih dari 6 penulis, tulis 6 nama pertama diikuti dengan et al. Singkatan nama jurnal mengacu pada Index Medicus. Daftar pustaka berisi sumber yang betul dikutip untuk penulisan naskah.

Contoh penulisan daftar pustaka:

  • Jurnal

Rose ME, Huerbin MB, Melick J, Marion DW, Palmer AM, Schiding JK, et al. Regulation of interstitial excitatory amino acid concentrations after cortical injury. Brain Res. 2002; 935 (1-2): 40-6.

  • Buku (pengarang bab)

McGlumphy EA. Implant-supported fixed prostheses. In: Rosenstiel SF, Land MF, Fujimoto J, editors. Contemporary fixed prosthodontics. 3rd ed. St. Louis: Mosby, Inc.; 2001. p.313-9.

Buku (editor sebagai pengarang)

Gilstrap LC, Cunnignham FG, van Dorsten JP, editors. Operative obstetrics.2nded. New York: McGraw-Hill; 2002

  • Makalah seminar

Isaac DH. Engineering aspects of the structure and properties of polymer-fibre composites. In: Vallittu PK, editor. Symposium book of the European Prosthodontic Association (EPA) 22nd  annual conference; 1998 August 27-29; Turku, Finlandia. Turku: Department of Prosthetic Dentistry & Biomaterials Project, Institute of Dentistry, University of Turku; 1998. p. 1-12.

  • Conference proceeding

Harnden P, Joffe JK, Jones H, editors. Germ cell tumours V. Proceedings of the 5th Germ Cell Tumour Conference; 2001 Sep 13-15; Leeds, UK. New York: Springer; 2002.

  • Terjemahan

Zarb GA, Bolender CL, Hickey JC, Carlsson GE. Buku Ajar prostodonti untuk pasien tak bergigi menurut Boucher. Ed.10. Alih bahasa: Mardjono D. Jakarta: EGC; 2001. p.288-90, 333-7.

  • Disertasi/tesis

Barkowski MM. Infant sleep and feeding: a telephone survey of Hispanic Americans [dissertation]. Mount Pleasant (MI): Central Michigan University; 2002.

  • Kamus dan acuan sejenisnya

Dorland’s illustrated medical dictionary. 29th ed. Philadelphia: W.B.Saunders; 2000.Filamin; p. 675.

  • Artikel jurnal dalam format elektronik

Abood S. Quality improvement initiative in nursing homes: the ANA acts in an advisory rle. Am J Nurs [serial on the Internet] 2002 Jun [cited 2002 Aug 12]; 102 (6): about 3 p.]. Available from: URL: http://www. nursingworld.org/AJN/2002/june/Wawatch.htm.

  • Homepage/Web site

Foley KM,Gelband H,editors. Improving palliative care for cancer [monograph on the Internet]. Washington:  National  Academy  Press; 2001 [cited 2002 Jul 9]. Available from: URL: http://www.nap.edu/books/ 030974029/html.